Sabtu, 18 Desember 2010 | By: fafsha_ memory

Sekolahku tempatku mengisi kehausan ilmu

            ketika itu, perpisahan MTsN. Aku bingung akan ke mana aku meneruskan studyku. Sebenarnya aku ingin meneruskan di pondok pesantren tempat ku menimnba ilmu ketika MTsN, tapi aku ingin mencari suasana baru. Tapi aku masih belum mempunyai pandangan. Akhirnya orang tuaku mengarahkanku pada MAN 3 MALANG yang dipandang bagus di lingkungan rumahku bahkan sudah terkenal ketika aku mondok di Jombang. Aku tidak pernah menyangka dan tidak pernah berpikiran bahwa orang tuaku mengarahkanku pada sekolah ternama ini. Tidak pernah kubayangkan sebelumnya. Betapa senangnya aku. MAN 3 MALANG , yang selama ini ku bayangkan begitu hebatnya sekolah ini, aku tak menyangka bisa mendaftar di sana. Pertama masuk kawasan MAN 3 MALANG, pandanganku positif semua. Semoga ku bisa di terima.
            Tes berlangsung, aku sangat khawatir jika aku tidak diterima, tapi Alhamdulillah aku di terima di sekolah elit ini. Awal pertama masuk ketika MOS, aku melihat bahwa sekolah ini begitu berdisplin. Tidak memandang murid baru atau lama, pokoknya di siplin.ketika MOS Organisasi di MAN 3 MALANG juga ku pandang hebat, melihat semua ekstrakulikuler yang begitu banyak dan mempunyai keunggulan masing-masing. Tidak hanya itu, aku begitu heran ketika diberi tau bahwa di MAN 3 MALANG ini mempunyai 4 progam kelas unggulan. Mulai dari akselerasi, bilingual, olimpiade dan MABI. Hebatnya sekolah ini. Dan hebohnya lagi, sekolah ini fullday school.
            Tak kalah menakjubkannya lagi diantara program unggulan tadi ada program RMBI yaitu MABI dan bilingual. Hebat bukan.... MABI ynag berorientasi ke timur tengah dan pastinya pelajarannya banyak yang menggunakan bahasa arab. Dan bilingual yang berorientasi ke barat-baratan yang pastinya lebih menerapkan bahasa inggrisnya. Selain program RMBI, yang ku kagumi juga program akselerasi, ternyata di MAN 3 MALANG ini banyak siswa-siswi yang ber IQ tinggi. Hebat jika bisa menempuh SMA selama 2 tahun. Selain itu program olompiade yang menciptakan siswa-siswi siap untuk mengikuti berbagai ajang olompiade.
            Namun tidak kalah juga program- progam lainnya seperti program IPA, IPS dan BAHASA. Ternyata di MAN 3 MALANG ini siswa-siswinya betul-betul disaring. MAN 3 MALANG yang sering menjuarai berbagai ajang prestasi akademik maupun Non akademik. Di bidang akademik berbagai piala olimpiade berhasil dibawa pulang oleh MAN 3 MALANG.  Dan non akademik, banyak pula yang membawa pulang piala, mulai dari tapak suci, teater, sepak bola, paskibra dan lain sebagainya.meskipun fullday school, tapi sekolah ini juga tak kalah kegiatan ekstrakulikulernya yang bermacam-macam dan mempunyai keunggulan masing-masing.
            Tapi, ketika ujian inilah yang membuatku merasa kurang nyaman. Mengapa yang membuat soal ujian bukan kesepakatan antar guru, tapi hanya guru itu saja. Kasihan kelas yang tidak di ajar oleh guru yang membuat soal. Kami bingung jika cara penyampain materi guru kami dengan guru yang membuat soal itu berbeda. Untuk itu, aku ingin kalau membuat soal iti adalah musyawarah antar guru. Dan begitu juga pengoreksian dengan scanner. Banyak yang diragukan. Jika tidak penuh lembar jawaban sedikitpun atau tercoret sedikit, itu sudah merupakan kesalahan., padahal jawaban itu benar.aku ingin pengoreksiaanya manual saja, tapi meskipun banyak, mungkin dari murid ada yang bisa membantu.
            Di sisi lain, MAN 3 MALANG sudah dipandang hebat ketika bisa mengirimkan murid-muridnya  berpetualang ke negeri orang. Seperti australia, amerika, mesir dan lain sebagainya. Dan MAN 3 MALANG juga pernah bergabung dalam kegiatan AISEC yang merupakan kegiatan bersama dengan orang luar negeri. Selain itu sekolahku juga pernah mengadakan INTERNASIONAL DAY yang merupakan hari bahagia untuk warga MAN 3 MALANG bersama dengan orang luar negeri dari amerika, australia, saudi arabia dan lain sebagainya.
            Alangkah hebatnya sekolahku ini........................

               

0 komentar:

Posting Komentar